10 Tempat Wisata Terbaik di Belgia yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata Terbaik di Belgia yang Wajib Anda Kunjungi

Belgia mungkin kecil tapi penuh dengan pemandangan. Situs-situs yang diakui UNESCO di ibu kota Brussel berkisar dari aula serikat abad ke-14 yang mengelilingi Grand Place yang elegan hingga townhouse Art Nouveau awal abad ke-20 di Victor Horta.

Bruges adalah daya tarik utama bagi wisatawan, dengan jalan-jalan abad pertengahan yang terpelihara dengan sempurna mengelilingi kanal-kanal yang tenang yang memikat kawanan pelancong setiap tahun. Tetapi banyak kota lain di negara ini terutama Ghent dan Mechelen mempertahankan contoh arsitektur yang sangat baik dari Abad Pertengahan juga.

1. Grand Place, Brussel

La Grand Place (juga dikenal sebagai De Grote Markt), dikelilingi oleh aula guild yang terpelihara dengan baik dan bangunan megah lainnya yang menampilkan arsitektur vernakular Belgia yang terbaik.

Satu sisi didominasi oleh balai kota abad pertengahan yang penuh hiasan, sebuah mahakarya arsitektur Gotik.

Grand Place dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena representasi arsitektur akhir abad ke-17 yang luar biasa. Alun-alun sibuk dengan turis dan penduduk lokal sepanjang tahun, tetapi terutama pada bulan Agustus tahun-tahun bergantian, ketika pusatnya dipenuhi Karpet Bunga berukuran 75 kali 24 meter, yang terdiri dari lebih dari 700.000 begonia yang dipotong.

2. Kanal dan Belfry Bruges

Bruges dimulai di tepi sungai Reie, dan seiring pertumbuhannya, begitu pula serangkaian saluran air yang menghubungkannya ke muara Zwin dan Laut Utara.

Hari ini, kanal-kanal itu adalah pengingat indah sejarah Bruges, dan berlayar atau berjalan di sepanjang kanal adalah salah satu hal paling populer untuk dilakukan di Belgia.

Anda dapat mengunduh peta tur jalan kaki dari situs web pariwisata untuk menjelajahi kanal-kanal dalam, di mana Anda akan menemukan pemandangan jembatan yang indah dan sekilas taman tersembunyi. Atau kelilingi kanal dengan perahu, yang dapat Anda ambil dari salah satu dari lima pendaratan.

Di antara pemandangan yang paling dikenal di Belgia adalah menara tempat lonceng bergantung yang indah dan Halle, yang mendominasi alun-alun utama Bruges.

Berasal dari era abad pertengahan, bangunan yang mengesankan ini pernah berfungsi sebagai balai pasar kota utama dan telah dilestarikan dengan luar biasa, memungkinkan pengunjung merasakan kekuatan arsitektur Abad Pertengahan yang sesungguhnya.

Mendaki 366 anak tangga yang berliku dan sempit dari menara tempat lonceng bergantung adalah salah satu hal yang paling populer untuk dilakukan bagi wisatawan di Belgia. Begitu berada di puncak, pemandangan menara gereja dan atap menara menjadi salah satu panorama paling terkenal di negara ini.

3. Medan Perang Flanders

Bagi banyak pengunjung, peran Belgia di garis depan Perang Dunia I, dan khususnya Medan Perang Flanders di sekitar Ypres adalah alasan utama perjalanan ke sini.

Tidak hanya penting secara historis, medan perang adalah situs ziarah utama. Parit-parit yang diawetkan membentang berkilo-kilometer di sekitar kota Ypres, sementara daerah ini juga tersebar dengan kuburan yang luas untuk ribuan tentara yang tewas di sini.

Pemakaman Tyne Cot (Inggris) dan Pemakaman Perang Jerman di Langemark adalah pengingat serius dari pertempuran brutal yang terjadi di sini selama Perang Besar.

4. Gravensteen dan Kota Tua Ghent

Benteng yang sangat mengesankan ini pernah menjadi rumah agung bangsawan Flanders, yang mengambil inspirasi mereka untuk membangun kastil dari kastil-kastil besar yang dibangun Tentara Salib di Suriah.

Saat ini, Gravensteen adalah salah satu contoh benteng berparit terbaik yang bertahan di Eropa dan telah terpelihara dengan sangat baik.

Temboknya yang kuat dan mengesankan tebal dan tinggi menjulang dari perairan sungai Berada tepat di tengah kota tua Ghent, menjulang di atas atap-atap jalan di sekitarnya.

Di dalam, aula dan ruang melengkung yang luas berisi pameran kehidupan abad pertengahan, tetapi arsitektur kastil itu sendiri yang merupakan bintang pertunjukan yang sebenarnya. Naiki tangga ke atap untuk melihat pemandangan kota yang indah sebelum berjalan-jalan di jalan-jalan berpaving batu yang menawan di Ghent.

5. Museum Horta dan Rumah Kota

Victor Horta adalah arsitek dan desainer paling berpengaruh dari gaya awal abad ke-20 yang dikenal sebagai Art Nouveau.

Beberapa bangunannya yang menakjubkan bertahan di Brussel dan sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mulailah di Museum Horta, yang terletak di bekas rumah dan studionya, yang telah dilestarikan saat ia mendesainnya, dengan kaca patri asli, mosaik, karya kayu, dan dekorasi.

Horta adalah pelopor dalam revolusi artistik yang memaksimalkan dan menyebarkan cahaya alami dan memasukkan tema dari alam ke dalam lekukannya yang berliku-liku. Estetika Horta mencakup perhatian pada setiap detail konstruksi dan dekorasi, mulai dari desain rumah hingga furniturnya, bahkan dekorasi pada engsel dan gagang pintu.

Keduanya bergabung dengan bangunan rumah dan studionya menunjukkan Art Nouveau pada puncaknya, dan empat rumah kota utamanya Hôtel Tassel, Hôtel Solvay, Hôtel van Eetvelde, dan Maison & Atelier Horta juga termasuk dalam situs UNESCO.

6. Katedral Saint Bavo, Gento

Katedral megah dengan paduan suara Gotik tinggi dan ruang bawah tanah Romawi ini menampilkan arsitektur religius terbaik di Belgia dan merupakan daya tarik wisata paling menonjol di Ghent.

Meskipun bangunan yang menjulang tinggi, dengan jendela kaca patrinya yang harmonis, merupakan daya tarik tersendiri, kebanyakan orang datang ke sini untuk melihat karya seni terkenal yang menghiasi interiornya; khususnya mahakarya Flemish yang dikenal sebagai The Altar of Ghent.

Setelah Anda melihat lukisan itu, jangan lewatkan ruang bawah tanah raksasa di bawah katedral, yang berisi makam penting dan beberapa lukisan dinding yang indah.

7. Basilika Darah Kudus, Bruges

Jika Anda hanya akan mengunjungi satu gereja di Bruges, buatlah yang ini. Basilika Darah Kudus tidak hanya mengesankan karena perpaduan arsitektur Romawi dan Gotik akhir, tetapi juga karena relik suci yang disimpan di dalamnya.

Kapel atas adalah rumah bagi botol terkenal yang namanya diambil dari gereja; dikatakan berisi setetes darah Yesus Kristus yang dibawa kembali ke Belgia setelah Perang Salib Kedua.

Bagian dalam gereja adalah kerusuhan yang mempesona dari pekerjaan emas yang selesai pada abad ke-16 dan memberikan banyak alasan untuk berkunjung bahkan jika Anda tidak tertarik dengan relik suci.

8. Grand Place (Grote Markt), Antwerpen

Tepat di inti Antwerpen, terdapat Grand Place yang indah di kota (juga dikenal sebagai Grote Markt), yang berisi beberapa contoh terbaik dari arsitektur rumah serikat di Belgia dengan bentuk atap menara yang khas.

Balai Kota di sini adalah contoh konstruksi abad ke-16 yang terpelihara dengan baik, dan interiornya layak untuk dilihat karena koleksi lukisannya yang menunjukkan sejarah Antwerpen.

Rumah guild yang masih mengelilingi alun-alun adalah alasan utama untuk mengunjungi Grote Markt. Di antara fasad terbaik adalah Coopers’ House dan Grocers’ House, tetapi semuanya adalah contoh yang terpelihara dengan baik dari arsitektur bergaya Belgia ini.

9. Lembah Meuse

Lembah Meuse, selatan Brussel, adalah salah satu tempat terbaik untuk merasakan jantung pedesaan Belgia.

Sungai Meuse menawarkan peluang perjalanan sungai paling indah di Belgia, dengan pedesaan hutan lebat yang diselingi dengan kastil terjal di puncak bukit dan reruntuhan benteng, dan kota tepi laut kecil yang didukung oleh tebing kapur.

Pergilah ke kota Namur atau Dinant untuk merencanakan perjalanan sungai Anda. Kedua pusat kecil ini bertindak sebagai pintu gerbang ke wilayah ini.

Lembah Meuse juga merupakan rumah bagi sejumlah jalur hiking dan bersepeda bagi wisatawan yang ingin menambahkan beberapa aktivitas ke dalam liburan mereka.

10. Kota Tua Mons

Di tengah adalah Grand Place, alun-alun utama yang dihiasi oleh berbagai bangunan berornamen khas yang mencakup periode 400 tahun, yang berasal dari antara abad ke-15 dan ke-18, namun masih mempertahankan rasa simetri. Secara khusus, Rumah Toison d’Or (1615) dan Kapel St. George (1604) adalah titik tertinggi arsitektur.

Jauh dari Grand Place, kota tua menyembunyikan lebih banyak peluang jalan-jalan.

Menara lonceng yang terdaftar di UNESCO di atas bukit di atas kota dan Gereja Sainte-Waudru dengan interiornya yang penuh dengan relik artistik dan religi adalah dua atraksi terpenting.